INFO PEMESANAN: SILAHKAN DOWNLOAD GRATIS - EMAIL skripsitesismu@gmail.com - SILAHKAN DOWNLOAD GRATIS - EMAIL skripsitesismu@gmail.com - DOWNLOAD GRATIS

ANALISIS YURIDIS AKUISISI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DALAM RANGKA PELAKSANAAN INVESTASI DI ERA GLOBALISASI


ABSTRACT: This research entitled the analysis of acquisition jurisdiction in mining company in order of investment implementation in globalization era. The research problems are, firstly, how is the policy of investment implementation in Indonesia’s mining sector in facing globalization era, secondly, how are the conception and regulation of mining company’s acquisition which has been regulated in Indonesia’s law, and thirdly, how is the mechanism of mining company’s acquisition that is regulated in Indonesia’s legislation. This research used normative jurisdiction method with statute and conceptual approach, as well as primary and secondary law materials. Those materials were collected through legislation study, library study, and interview. The writer uses analytical descriptive analysis.
The results is the policy of investment implementation in mining sector in Indonesia focused more on the utilization of the minerals and coal mining in order to make Indonesia people better. The policy also put its high priority on the domestic needs by having investment cooperation, because mining sector has contributed much significant on development in Indonesia. In addition, there are still many areas in Indonesia that have not been explored their potential in mining sector, so that the improvement in investment is much needed because of its expensive in funding and high risk faced by the mining businessmen. The implementation of acquisition in mining company is based on the strong will to enhance the area of management, technology, and financial. By doing that, it is hoped that there will be good company in good management, good transferring in technology of mining, and fine financial or capital system. Those will bring positive impact because acquisition is investment mechanism done by many businessmen in globalization era due to its fast process. The mechanism of acquisition in mining company in Indonesia is regulated by Law No. 40 Year 2007 about Limited Company and Government Regulation No. 27 Year 1998 about Merger, Acquisition, and Take Over Limited Company.

INTISARI: Penelitian ini berjudul analisis yuridis akuisisi pada perusahaan pertambangan dalam rangka pelaksanaan investasi di era globalisasi. Permasalahan yang diangkat adalah tentang bagaimana kebijakan pelaksanaan investasi di sektor pertambangan di Indonesia dalam rangka menghadapi era globalisasi, bagaimana konsepsi dan pengaturan tentang akuisisi perusahaan pertambangan yang diatur dalam sistem hukum Indonesia, dan bagaimana mekanisme pelaksanaan akuisisi perusahaan pertambangan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan pendekatan peraturan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach), dengan menggunakan bahan hukum primer,dan bahan hukum sekunder. Bahan hukum tersebut dikumpulkan melalui studi peraturan perundang-undangan, studi kepustakaan, dan wawancara. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kebijakan pelaksanaan investasi sektor pertambangan di Indonesia dalam rangka menghadapi era globalisasi ditekankan pada pemanfaatan potensi pertambangan mineral dan batubara untuk sebesar-besarnya pada kesejahteraan rakyat Indonesia, dengan memprioritaskan ketercukupan kebutuhan dalam negeri dalam bentuk mekanisme kerjasama investasi. Investasi dibutuhkan karena sektor pertambangan telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap pembangunan di Indonesia. Disamping itu, masih banyaknya daerah-daerah di Indonesia yang belum dieksplorasi potensi petambangannya sehingga dibutuhkan adanya upaya untuk meningkatkan investasi agar daerah-daerah yang masih belum dieksplorasi akan dapat segera dieksplorasi. Kebutuhan akan investasi ini merupakan hal yang logis mengingat besarnya pembiayaan serta resiko yang akan dihadapi oleh pelaku usaha pertambangan ketika akan melakukan upaya eksplorasi. Dalam konteks akuisisi bahwa konsepsi pelaksanaan akuisisi pada perusahaan pertambangan didasarkan pada keinginan untuk memperkuat sinergi, baik dari aspek manajemen, teknologi maupun aspek finansial. Dengan akuisisi diharapkan akan membentuk suatu perusahaan yang baik dalam hal pengelolaan manajemen pertambangan, terjadinya transfer teknologi bidang pertambangan, serta kokohnya sistem pembiayaan atau permodalan pada perusahaan pertambangan tersebut. Ini tentunya akan membawa dampak yang positif mengingat akuisisi merupakan instrumen investasi yang sangat banyak dilakukan di era globalisasi saat ini karena prosesnya yang cukup cepat dan tidak membutuhkan pengkondisian yang rumit. Mekanisme pelaksanaan akuisisi perusahaan pertambangan di Indonesia diatur dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1998 tentang Penggabungan, Peleburan, dan Pengambilalihan Perseroan Terbatas.